Saturday, June 25, 2005

Konsep Pemasaran Afiliasi

Mengenal Konsep
Pemasaran Afiliasi


Oleh : Bob Julius Onggo

Kalau Anda mau memberikan ebook ini secara Cuma-Cuma kepada rekan atau teman-teman Anda, saya persilahkan. Supaya mereka pun mendapatkan manfaat juga!


Selain ebook ini, untuk memperlengkapi pengetahuan dan keterampilan Anda, silahkan ambil tips-tips eMarketing melalui email kosong Anda dan langsung dikirimkan SESEGERA mungkin di mailto:bjotips@getresponse.com?subject=bjo-emarketing-tips

Apakah Metode Pemasaran Afiliasi dapat Diterapkan untuk Semua Jenis Bisnis di Internet?

Jawabannya adalah “YA”, namun tidak semua bisnis model menggunakan jenis metode yang sama. Tiap-tiap bisnis model perlu menyesuaikan dengan metode jenis yang berbeda seperti dijelaskan di bawah ini, bahwa ada tiga jenis metode afiliasi.

Metode afiliasi yang dicontohkan di sini adalah khususnya untuk situs web “content-driven”, namun pada dasarnya konsep pemasaran afiliasi itu dapat diaplikasikan lebih luas bukan untuk itu saja.

Pemasaran afiliasi dapat diaplikasikan untuk tiga model bisnis, yaitu ;

1. Memberikan Komisi hasil penjualan dari produk yang di-refer
2. Memberikan komisi karena telah me-refer sejumlah prospek
tanpa mempedulikan mereka beli atau tidak (dengan tujuan
pertama-tama membangun "brand" saja)
3. Memberikan komisi karena telah me-refer sejumlah orang agar
"subscribe" ke Opt-In list Anda.

Namun di ebook ini, saya akan memberi contoh bagaimana implementasi pemasaran afiliasi untuk poin 1 saja. Namun prinsipnya dapat diterapkan untuk dua poin berikutnya.

Karena itu untuk memaksimalkan konsep pemasaran afiliasi, bisnis Anda harus disesuaikan dan diredefinisikan kembali untuk mendapatkan penyesuaian dalam mengimplementasikan pemasaran afiliasi.

Baiklah kita mulai dahulu kalau metode pemasaran afiliasi ini diterapkan untuk poin 1 di atas.

Apa yang dimaksud dengan Pemasaran melalui Afiliasi?

Pemasaran melalui afiliasi telah berubah menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk situs-situs “content-driven” untuk menghasilkan keuntungan tanpa harus langsung menawarkannya kepada para tamunya. Hanya melalui spanduk, teks dan artikel yang sah dimana isi situsnya menjelaskan produk-produk yang ia sukai dan gunakan.

Pemasaran jenis ini memiliki sebuah keuntungan untuk ketiga segi yang terlibat. Akan ada banyak keuntungan bagi para pedagang untuk mengembangkan Pemasaran melalui web.

karena situs-situs afiliasi menghasilkan banyak keuntungan dan bagi para konsumen dapat menemukan informasi tentang produk-produk yang mereka inginkan tanpa harus “terlihat wajah mereka”.


Bagaimana cara bekerjanya?

Dengan Pemasaran melalui Afiliasi, seorang pedagang mengambil isi situs sebagai mitra afiliasi mereka dalam pasar untuk meraih komisi. Pedagang menyediakan spanduk iklan yang tersambung ke afiliasi mereka dan menentukan sebuah komisi untuk setiap click ke situs mereka, berlangganan ke service mereka (sebuah leads/prospek untuk menjadi kastamer), atau membeli produk mereka yang dihasilkan dari “link”.

Afiliasi menempatkan pelacakan kode iklan-iklan ini untuk dimasukkan ke dalam halaman-halaman Web mereka.

Kapanpun seorang pengunjung masuk ke situs afiliasi dengan menggunakan link ini untuk menghasilkan sebuah “click-through, petunjuk, atau Pemasaran barang dimana transaksinya dapat dilacak secara online.

Jika sebuah produk atau jasa debeli, maka pelanggan membayar langsung, dan mendapat komisi atas transaksi tersebut.


Mengapa efektif!

Ribuan orang di seluruh dunia telah menggunakan sebuah situs web e-commerce yang diaktifkan.

Tetapi, kebanyakan tidak memiliki waktu, kesabaran atau keinginan untuk memenangkan persaingan dalam menciptakan produk yang eksklusif dari awalnya, mempelajari setiap detail bahwa ada yang harus diketahui tentang iklan online dan e-commerce dan kemudian men-set up sebuah situs web untuk dijual.

Orang-orang yang sibuk seperti anda dan saya memiliki alternatif dan kesempatan yang baik dalam bisnis afiliasi.

Karena anda masih dapat memilki situs web yang bagus dengan isi sebanyak yang anda inginkan dan menghasilkan berlimpah penjualan darinya tanpa harus melalui persaingan dalam membangun produk anda sendiri.

Ditambah lagi, banyak produk yang dapat anda jual melalui program afiliasi telah memiliki catatan penjualan yang telah terbukti yang adalah produk berkualitas tinggi yang telah dicari orang-orang.


Ayo mulai!

Sekarang anda telah mengetahui dasar-dasar dari apa yang disebut Pemasaran afiliasi dan mengapa itu adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Klik-lah link di bawah ini untuk memulai beberapa trik dan tips yang akan membantu anda menjual lebih banyak lagi afiliasi lainnya dengan program yang sama dimana anda bergabung.

Pemasaran afiliasi yang sukses: bersumber pada hasrat!
Pemasaran afiliasi, seperti jenis Pemasaran lainnya adalah hasrat yang anda rasakan mengenai topik situs web yang sedang anda bangun.


Jika anda benar-benar ingin berhasil dengan program afiliasi yang anda tawarkan, maka anda perlu membangun pasar anda (tempat).



Kesalahan Utama yang dilakukan kebanyakan situs afiliasi adalah karena mereka menjual produk.

Bukan begitu caranya…anda tidak mau menjual produk, yang anda inginkan adalah menghibur mereka dan membangun sebuah situs web yang akan memberitahu orang-orang tentang hasrat anda, minat anda dan hal-hal yang anda sukai, anda ingin memberikan mereka informasi yang bernilai tentang topik dari situs yang sedang anda susun dan kemudian menyelipkan ke dalam isinya dan menyetujui produk atau jasa yang anda sukai dan gunakan.


Anda ingin para pengunjung anda tahu bahwa anda sedang mencoba memberikan kepada mereka informaaasi yang baik tentang topik yang menarik minat mereka (kalau tidak mereka tidak akan berada pada situs anda pertama kalinya).

Dan jika anda merasakan hasrat yang besar untuk topik tersebut, maka anda pasti akan menulisnya…dan jika anda melakukannya, maka orang-orang akan merasakan hasrat tersebut dan akan digairahkan, dan itu akan diterjemahkan ke dalam Pemasaran untuk anda.

Penulisan tentang sebuah produk atau jasa di dalam isi editorial situs web anda disebut sebagai penulisan sebuah advertorial (istilah ini berasal dari penggabungan antara kata “ad” dan “editorial”).

Bagaimana menulis sebuah advertorial yang baik.

Saluran mass media seperti TV, radio, majalah, dan koran medukung produk dan jasa di dalam isi editorial setiap waktu.

Menciptakan sebuah advertorial adalah suatu hal yang mudah, yang anda perlukan hanyalah berbicara tentang sebuah topik yang ingin anda berikan yang akan menginformasikan kepada orang-orang tentang topik spesifik tersebut dan menyelipkannya ke dalam beberapa kata tentang sebuah produk atau jasa yang telah membantu mencapai suatu keinginan anda.

Bayangkanlah anda mengetahui banyak tentang bagaimana caranya menanam pohon bonsai. Anda dapat dengan mudah men-set up sebuah situs web yang hebat dengan semua informasi yang anda miliki, memberikan hal-hal yang spesifik tentang bagaimana atau mengapa anda menanam pohon bonsai anda dengan suatu cara tertentu.
Anda juga dapat memiliki informasi tentang jenis-jenis penjepit yang anda gunakan untuk mengikat pohon bonsai anda dan mengapa anda menggunakannya, anda dapat juga mengatakan kepada tamu anda tentang tiga buku teratas yang telah memberikan kepada anda informasi penting tentang bonsai.

Anda dapat memulai sebuah newsletter yang memberikan anda tips dan trik tentang penanaman bonsai (kita akan membicarakan hal ini kemudian).

Hal itu kedengarannya seperti sebuah situs yang hebat untuk dikunjungi jika anda ingin mengetahui cara menanam bonsai, bukan?

Sewaktu orang-orang ingin menemukan sebuah situs seperti ini, mereka menandainya dan kemudian kembali lagi…menemukan situs ini bermanfaat dan menghibur.

Sekarang bayangkan sebuah situs yang kedua. Sebuah situs yang oenuh dengan spanduk iklan dan grafik yang mencoba menjual penjepit untuk mengikat pohon bonsai.

Yang mana menurut anda diantara kedua situs ini yang menghasilkan keuntungan yang terbesar (bahkan jika keduanya adalah situs yang berafiliasi)?

Anda benar. Situs dengan semua informasi tentang bonsai yang akan menghasilkan penjualan yang besar.

Hal ini membawa kita ke

kesalahan #2 yang dilakukan oleh situs web afiliasi: Membangun sebuah mall.


Mall adalah sebuah gagasan dalam dunia “brick and mortar” (gali dan tutup). Mereka memberikan sebuah cara yang praktis untuk berbelanja dengan menempatkan berbagai toko ke dalam sebuah gedung…dengan cara ini, maka anda tidak perlu berkeliling kota mencari suatu produk tertentu.

Tetapi halnya berbeda di dalam internet! Disini, anda tidak perlu berkeliling mencari suatu tempat tertentu…semuanya hanya dengan meng-klik mouse anda!

Jika anda berada pada sebuah situs web yang tidak bernilai bagi anda, bungkus saja dengan spanduk dan juallah diluar sana: mulai dari sepatu hingga komputer, bahkan hingga lelucon praktis…klik-lah “Back” pada browser anda dan anda telah keluar. Anda tidak akan membeli di sana, bukan?

Tetapi untuk beberap alasan yang agak aneh, orang-orang berpikir anda akan membangun situs seperti ini.

Anda tidak boleh terjatuh ke dalamnya! Anda ingin masuk ke hanya tiga atau empat program afiliasi yang berhubungan dengan topik anda yang menarik dan membangun sebuah situs web yang mendukung produk-produk tersebut


Tips untuk membangun sebuah situs advertorial yang bagus.

Hal pertama yang perlu anda pelajari adalah bekerja di dalam situs anda.

Advertorial kelihatannya tidak datang dari sebuah sumber luar – seperti sebuah spanduk iklan (itulah sebabnya mengapa iklan spanduk tidak berjalan).

Spanduk dan sumber-sumber luar menjual dan orang-orang tidak suka dijual…setidaknya tidak dari sebuah situs yang anda miliki.

Jika mereka merasa dijual, maka mereka akan segera pergi dan anda akan kehilangan mereka selamanya.

Sebuah advertorial bukanlah sebuah salesletter, jadi janganlah terperangkap.

Sebuah advertorial yang bagus adalah informasi yang bagus yang mendorong pengunjung anda pada sesuatu yang anda rasakan sebagai sebuah hasrat.

Anda ingin menggabungkan program afiliasi (iklan) ke dalam konteks dari apa yang sedang anda lakukan. Jika anda tidak ingin menduganya seperti situs afiliasi lainnya…hal itu tidak akan menghasilkan uang!

Tentu anda tidak ingin situs anda dikatagorikan seperti itu, bukan?

Ada sebuah aturan bagus untuk menyeimbangkan situs web advertorial anda:

Aturan 80-20.

Ini artinya bahwa isi dari situs web anda haruslah memiliki sekurang-kurangnya 80% informasi yang bernilai dan hanya 20% (atau kurang) isi penjualannya.

Ini bukanlah suatu aturan yang pasti, tetapi jika anda mengikutinya, maka situs web anda tidak akan kehilangan keseimbangannya dan jatuh ke dalam katagori mall-online yang jelek. =)

Sekarang marilah kita melihat beberapa tips yang harus anda ketahui sewaktu berpikir untuk bergabung dengan program afiliasi dan produk-produk apa saja yang dapat dijual dari situs anda.


Bagaimana memilih untuk bergabung dengan program afiliasi.

Sebuah petunjuk praktis yang sangat bagus: Orang tidak membeli dari sebuah situs afiliasi, tetapi mereka membelinya dari anda!

Jika anda menciptakan suatu keinginan baik dalam diri tamu anda, maka mereaka akan mempercayai anda dan dari kepercayaan tersebut akan muncullah pembelian.

Apakah anda telah mulai melihat bahwa situs web anda benar-benar penting? Kepercayaan anda benar-benar dipertaruhkan!

Tidak semua orang melakukan hal ini, tetapi saran saya adalah jika anda sedang memikirkan tentang program mana yang anda inginkan untuk bergabung dan produk apa yang akan di-endorse…beritahu orang-orang tentang produk yang anda percayai dan gunakan.

Dengan cara demikian, anda dapat benar-benar mengatakan kepada mereka tentang produk dari tangan pertama.

Jika anda tidak melakukan hal ini, maka anda dapat apa yang anda iklankan tidak ada gunanya.

Dengan demikian imej anda akan jatuh dan kepercayaan yang telah anda bangun akan hilang. Saya yakin anda mengetahui bahwa kepercayaan adalah sesuatu yang hanya bisa anda dapatkan sekali.
Sebuah situs advertorial yang baik “berfokus” pada membangun kepercayaan, memberikan informasi yang yang bagus ban berbicara tentang produk-produk yang hebat.

Hal ini dilakukan dengan cara saya-ke-anda, tidak ada suntikan (no-hype), langsung. Jika anda memegang dan mengerti konsep ini, maka anda memenangkan setengah dari pertempuran afiliasi!

Ingat ini lagi (kalau-kalau anda lupa di awal):

Orang-orang tidak membeli dari sebuah situs afiliasi, tetapi dari anda!

Sekarang barulah anda tahu bahwa bisnis anda dibangun dari kepercayaan, maka marilah kita membicarakan tentang bagaimana membangun kepercayaan tersebut dari tamu anda dan bagaimana membuat mereka dari hanya sekedar teman menjadi kastamer anda. Rahasia yang sebenarnya adalah…

Membangun daftar opt-in anda sendiri (newsletter atau ezine).

Apakan anda masih mengingat apa yang telah saya terangkan tentang contoh situs bonsai?

Memiliki sebuah daftar in-house opt-in adalah salah satu aset yang bernilai dari bisnis yang anda miliki. Anda ingin mulai daftar anda sendiri dengan menawarkan sebuah ezine atau newsletter secara cuma-cuma…

atau mungkin Anda ingin memiliki nama tamu-tamu anda dan alamat e-mail mereka sehingga anda dapat berkomunikasi dengan mereka secara tetap tentu dan membangun kepercayaan anda secara perlahan.

Beberapa orang mencobanya dengan menawarkan sebuah laporan cuma-cuma yang akan dikirimkan kepada mereka dengan sebuah autoresponder.

Cara ini kadang-kadang bisa berfungsi, tetapi anda tidak ingin izin untuk menghubungi para tamu hanya sekali, bukan?…anda ingin izin penuh untuk berbicara dengan mereka dan menjadi teman mereka.

Hanya dengan hubungan yang tetap tentu dengan daftar anda, maka anda akan mendapatkan kepercayaan dari mereka. Memberikan informasi yang baik kepada mereka akan membuat mereka melihat anda sebagai seorang ahli pada subjek tersebut dan akan medapatkan kepercayaan mereka.

Sekali mereka mempercayai anda sebagai seorang yang ahli, maka mereka akan senang untuk membeli produk yang anda rekomendasikan (Akhirnya anda akan menjadi ahlinya).

Dan jika anda tetap memberikan informasi yang baik kepada mereka dan memperlakukan mereka seperti kastamer anda, maka mereka akan kembali membeli produk dan jasa yang anda tawarkan.

Itulah nilai yang sebenarnya dari bisnis anda.

Sewaktu seorang pengguna mengunjungi situs web anda, ia akan melihat sepintas selama 8-15 detik.

Dan jika situs anda menarik perhatiannya, maka ia akan tetap berada disana selama kira-kira 3 hingga 5 menit…bukan waktu yang panjang, bukan?

Pastinya tidak cukup waktu untuk meraih kepercayaan seseorang dan mejual sesuatu kepadanya.

Jika meminta izin dan alamat e-mail mereka adalah sesuatu yang penting, maka anda dapat menindak-lanjutinya dan membangun kredibilitas.

Sebuah cara yang bagus untuk memotivasi mereka adalah dengan memberikan sebuah freebie (seperti sebua e-book atau sebuah laporan khusus).

Anda harus mengatakan kepada mereka bahwa jika mereka mau mendapatkan suatu barang secara cuma-cuma, maka mereka akan mendapatkan e-book dan sebuah langganan cuma-cuma ke newsletter anda.

Sekali mereka masuk ke dalam daftar anda, hubungi mereka secara berkala agar mereka selalu mengingat anda.

Dapatkah anda melihat betapa bernilainya daftar yang baik ini? Daftar opt-in anda seniali emas!


Jika bisnis saya ditutup sekarang dan hanya menyisakan satu hal dalam bisnis saya, maka saya tidak akan mengambil situs saya maupun produk saya, saya akan mengambil daftar saya!

Dengan memilikinya maka akan membantu saya untuk memulai bisnis yang baru di masa depan dan menghasilkan uang dengan cepat.

Anda tidak dapat menggantikan kepercayaan orang dengan semuanya!

Produk terbaik yang telah saya dapatkan sejauh ini untuk membangun dan mengatur sebuah daftar opt-in adalah sebuah cgi script yang disebut juga “Subscribe-Me” oleh CGI ScriptCenter yg sekarang telah berganti nama menjadi siteinteractive.com (Click here untuk masuk ke situs mereka- sebuah window baru akan muncul).

Tulisan ini membuat sebuah bentuk “Subscribe/Unsubscibe” di dalam situs web anda dan mengatur semua penanganan pengguna secara otomatis; ini juka memungkinkan anda untuk mengirim e-mail ke daftar anda di dalam teks dan format .html dan semua ini dikerjakan melalui sebuah webinterface yang sangat mudah.

Sekali anda memulai membangun list opt-in pribadi anda, maka anda harus selalu mengingat sesuatu:

Berikan pengguna informasi yang bernilai dan berguna. Banyak pemilik daftar melakukan kesalahan karena mereka hanya mengirimkan pesan-pesan penjualan saja ke langganan mereka.

Jual! Jual! JUAL! Hanya itu yang mereka pikirkan. Ingatlah bahwa kepercayaanlah yang mereka inginkan, bukan uang mereka.

Jika (hanya setelahnya) anda dapat meraih kepercayaan mereka, maka hal itu adalah karena mereka merasa nyaman membelinya dari anda…bukan sebelumnya.



Beberapa kata penutup


Sekarang, anda benar-benar tahu apa yang seharusnya anda lakukan untuk membangun sebuah situs afiliasi yang menguntungkan dengan advertorial.

Ini adalah salah satu jenis situs yang akan meningkatkan Pemasaran dari semua program yang anda putuskan untuk bergabung.

Jika anda anda mengikuti saran saya maka anda akan membuat Pemasaran yang menguntungkan bahkan dalam program yang memiliki ribuan afiliasi lainnya


. . . . mengapa?


Karena sekarang anda mengerti bagaimana bekerjanya…




Oke ya sampai sini dulu,

Bob Julius Onggo
Selain ebook ini, untuk memperlengkapi pengetahuan dan keterampilan Anda, silahkan ambil tips-tips eMarketing melalui email kosong Anda dan langsung dikirimkan SESEGERA mungkin di mailto:bjotips@getresponse.com?subject=bjo-emarketing-tips bob@bjoconsulting.com

1 comment:

Scott A. Edwards said...

Check this out for FREE...

This opportunity says:

"Your Ad" Will Be Instantly Displayed on Thousands of Websites and Read By Over 10 Million People Per Week For FREE, and It Only Takes 60 Seconds To Get Started!

To find out more visit: the best home-based businesses site. It successfully exposes FREE information covering Traffic and the best home-based businesses related stuff.