Sunday, September 04, 2005

Pertanyaan Seputar E-Gold

Untuk membantu Anda semua, kami menyusun suatu daftar pertanyaan dan jawabannya mengenai hal-hal yang sangat sering ditanyakan tentang e-gold dan e-investment. Kami berharap Anda akan dapat lebih mudah mengerti dan memahami dan juga dapat menemukan sesuatu yang menarik.
1. Apa itu e-gold?
2. Mengapa memakai "uang tunai digital" lebih baik dibandingkan dengan kartu kredit?
3. Mengapa e-gold lebih baik dibandingkan dengan jenis "digital cash" yang lain?
4. Apakah membuat rekening e-gold benar-benar GRATIS?
5. Jika saya membuat rekening e-gold, apakah membutuhkan kartu kredit?
6. Bagaimana caranya saya mengisi tabungan/uang di rekening e-gold?
7. Bagaimana caranya mencairkan e-gold saya ke dalam Rupiah?

APA ITU E-GOLD

E-Gold adalah suatu alat pembayaran digital baru (digital cash) yang dapat dipergunakan di seluruh dunia, dikeluarkan oleh e-gold Ltd., standar nilainya didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku di pasar dunia, dan ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan e-gold.
e-gold adalah suatu mata uang seperti halnya rupiah dan dollar, bukan merupakan mata uang nasional suatu negara. Ini berarti tidak ada suatu negara yang mengeluarkan uang kertas ataupun logam dalam mata uang e-gold. Malahan setiap transaksi dilakukan secara elektronis melalui internet, tidak terbatas oleh letak geografis suatu negara.
e-gold pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama dengan e-mail. Bedanya e-mail adalah sebagai pengganti surat konvensional yang dikirimkan dengan perangko melalui kantor pos, sedangkan e-gold adalah sebagai pengganti (alternatif) untuk transfer uang ataupun pembayaran yang biasa dilakukan melalui perantara bank (ATM, transfer antar bank, bank draft, dan juga pos wesel).
Boleh dikatakan tidak memiliki e-gold di tahun 2000-an, sama dengan tidak memiliki e-mail di tahun 90-an. Ingatkah Anda, kapan Anda mulai mengenal dan mempunyai e-mail?

MENGAPA MEMAKAI "UANG TUNAI DIGITAL" LEBIH BAIK DIBANDINGKAN DENGAN KARTU KREDIT?
Kami sering mendengar ada banyak kejadian dimana seseorang mampu mencuri nomor kartu kredit orang lain dan menyalahgunakannya misalnya dipakai berbelanja di internet, maka si pemegang kartu kredit tentu akan kehilangan uangnya.
Dengan sistem pembayaran baru menggunakan digital cash ini, Anda hanya perlu menaruh sejumlah uang sesuai dengan kebutuhan sendiri misalnya untuk berbelanja di internet, dan sistem keamanan online payment ini benar-benar bagus. Bila anda sebagai seorang merchant, Anda dapat mengintegrasikan sistem payment e-gold ini ke dalam website Anda, tentunya dengan biaya yang jauh lebih murah (bahkan bisa dikatakan gratis) dan aman dibandingkan dengan sistem kartu kredit.

MENGAPA E-GOLD LEBIH BAIK DIBANDINGKAN DENGAN JENIS "DIGITAL CASH" YANG LAIN?
Sebenarnya ada beberapa jenis tunai digital yang dikeluarkan oleh sejumlah perusahaan khususnya di Amerika sebelum e-gold, tetapi ternyata mereka banyak kekurangannya. Pada kenyataannya mereka hanya menggunakan mata uang nasional (US$) untuk mem-backup digital cash mereka, sehingga orang dari negara lain mengalami kesulitan untuk menggunakannya. Misalnya PayPal, NetPay, dan lain-lain, dan Indonesia sistem tersebut tidak bisa dipakai hanya terbatas di negara tertentu saja, dan biayanya pun cukup tinggi.
E-gold berbeda karena ini merupakan yang pertama dimana ada sebuah perusahaan yang menawarkan sistem tunai digital yang distandarkan atas 100% nilai emas murni. Perusahaan e-gold, Ltd. memiliki emas murni di London Bank, dan menjualnya melalui internet. Jika Anda memiliki uang rekening e-gold Anda, berarti Anda adalah sebagai bagian dari pemilik emas tersebut. Anda dapat melihat berapa euro atau dollars (dalam mata uang yang lain) jumlah uang di rekening Anda dan tentu saja Anda dapat menggunakannya untuk berbelanja di internet dalam mata uang lokal.
Tetapi salah satu bagian terbaik dari fungsi e-gold adalah dapat ditukar di seluruh dunia dan dalam mata uang negara manapun. Jadi di dalam suatu transaksi di internet, seorang pembeli dapat membayar dengan dollar dan penjual menerima uang dalam bentuk euro atau mata uang lainnya, TANPA KENA BIAYA TAMBAHAN karena pada dasarnya mereka hanya melakukan pertukaran emas murni.

APAKAH MEMBUAT REKENING E-GOLD BENAR-BENAR GRATIS?
Ya, tentu saja. Anda dapat membuat sebuah rekening e-gold tanpa membayar apapun dan tanpa kewajiban memberikan setoran awal alias GRATIS.
Anda hanya akan membayar 1% untuk setiap transaksi yang dilakukan (maximum fee 0.50$ untuk setiap traksaksi), jadi misalnya Anda melakukan transaksi sejumlah 1000$, Anda hanya akan membayar fee sebesar 0.50$ (50 cents). Sementara untuk kartu kredit terkena fee sebesar 2%-4% dari total jumlah uang yang dibelanjakan.
Anda juga hanya akan membayar uang tahunan sebesar 1% dari jumlah uang yang Anda simpan di e-gold (apakah ini cukup besar jika dibandingkan dengan kartu kredit?).

Jika anda belum memiliknya segera daftar di sini secara gratis --> http://www.e-gold.com

JIKA SAYA MEMBUAT REKENING E-GOLD, APAKAH MEMBUTUHKAN KARTU KREDIT?
TIDAK! Anda tidak membutuhkan kartu kredit untuk membuat sebuah rekening e-gold. Bahkan jika tidak memiliki kartu kredit pun, Anda bisa memiliki rekening e-gold.

No comments: