Wednesday, March 15, 2006

Jakarta: the implementation of Kiyosaki's

Jakarta: the implementation of Kiyosaki's

Tulisan seorang sahabat sekaligus mentor bisnisku dari TDA Community pak Budi Rahmat.
Taken from
http://forum.richdad.com/forums/tm.asp?m=449710&p=1&tmode=1&smode=1

-----------------

All,

Saya, di Jakarta, juga sudah mengimplementasikan tulisan RK dan cukup puas dengan hasilnya. Saya mo sharing pengalaman pribadi saya di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Salam,
budi_rachmat@xxxxxx.com


QUOTE

From: Budi Rachmat [mailto:budi_rachmat@xxxxxx.com]
Sent: 28 Agustus 2004 22:10
To: ......@yahoogroups.com
Subject: Robert T.Kiyosaki: pemikiran dan implementasinya

Rekans,

Saya mo sharing tentang Robert T.Kiyosaki dan pemikirannya.

Saya sudah baca -+ 9 buku RK dan menurut saya yg dikemukakan oleh RK adalah mengenai INCOME/PENDAPATAN atau tepatnya CASHFLOW/ARUS KAS.
BUKAN STATUS (sebagai karyawan/pegawai atau pemilik small shop atau pemilik Big Bisnis atau Investor).
Jadi yang dikemukakan adalah darimana sebenarnya income/pendapatan itu berasal, bukan apa status kita.

Nah... darimanapun income itu bisa berasal dapat diklasifikasikan kedalam kuadran E,S,B,I.
Contohnya;
Income seorang dokter bisa berasal dari E,S,B,I yaitu;
- pagi dia praktek RSUP sebagai pegawai negri ==> income dari kuadran E.
- sore praktek di rumah sebagai dokter ahli ==> income dari kuadran S.
- dia punya klinik bersama yang dikelola para profesional ==> kuadran B.
- dia beli beberapa apartemen/rumah untuk dikontrakan ==> kuadran I.

Tidak ada yang "tidak baik" dari kuadran2 tersebut, menurutku yg "tidak baik" adalah bila tidak mempunyai income.

Setiap kuadran mempunyai karakter masing2, antara lain;
- kuadran E dan S (Kiri) adalah Aktive Income. Dimana untuk mendapatkan income tsb diperlukan WAKTU yang sangat signifikan.

- kuadran B dan I (Kanan) adalah Pasive Income. Dimana untuk mendapatkan income tsb tidak diperlukan WAKTU yang banyak/panjang, seperti di Aktive Income.

Pandangan lainnya yang menarik dari RK adalah hubungan antara INCOME dan EXPENSES dengan ASET dan LIABILITI (kewajiban), yaitu;
Aset : adalah harta/pekerjaan/sesuatu yang menciptakan INCOME,
Liabiliti : adalah harta/pekerjaan/sesuatu yang menciptakan KEWAJIBAN/expenses.

Sebelum baca buku RK, saya pikir, rumah, mobil, apartemen yang saya miliki adalah Aset.....
eecchhh.... setelah baca buku, ternyata Liabiliti..... karena telah meciptakan KEWAJIBAN... bayar listrik, air, penjaga rumah, bensin, service dsb....

Pandangan lainnya, yaitu FF = 3PI > Expenses, yaitu: seseorang yang disebut Financially Freedom jika Pasive Incomenya 3 x lebih besar dari pada Expensesnya.

Garis besar isi daripada buku2 RK, sbb;

1. CASHFLOW QUADRANT, mengenai darimana aja sebetulnya income bisa diperoleh?? Bagaimana sifat daripada income tsb??....... sumber income adalah E/S/B/I.

2. RICH DAD POOR DAD. Cerita "perjalanan hidup/pemikiran" Robert T. Kiyosaki ===>>> yang pada akhirnya timbul konsep financial yaitu Cashflow Quadrant, di atas.

Si Rich Dad, orang tua temennya yang menjadi pembimbing financial-nya. Muda cukupan, tua kaya-raya. Karena mempersiapkan income dari B&I.

Si Poor Dad, orang tua kandungnya. Muda cukupan, tua miskin. Karena hanya mengandalkan
income dari kuadran S.

Ke-2 buku di atas adalah "JIWA" dari seluruh buku/pemikiran RK, sedangkan buku2nya yang lain...., menurut-ku, lebih ke bagaimana caranya (How to) untuk mencapai PASSIVE INCOME....

3. BUSINESS SCHOOL. Cara merubah mental jika mo memindahkan income dari kuadran Kiri (E&S) ke kuadran Kanan (B&I).

4. RICH KID SMART KID. Cara/perlunya memberikan pelajaran Financial sedini mungkin.

5. RETIRE YOUNG RETIRE RICH. Cara/perlunya mempunyai Financial Plan untuk income kita sendiri.

6. GUIDE TO INVESTING. cara/trik2 investasi yang aman dan potensial.

7. REAL ESTATE RICHES. cara/trik2 investasi dibidang property.

8. WHO TOOK MY MONEY. cara/trik2 untuk investasi jangka panjang.

9. SUCCESS STORY. cerita2 pendek dari mereka yang mengikuti dan melaksanakan konsep RK.

10. Yang belum saya baca adalah SALES DOG. (*** catatan: SalesDog sudah di baca)

Saya adalah "mengikut" Robert T. Kiyosaki.
Pengikut = ngikutin aja apa yang dia tulis dibukunya
(tentunya setelah saya cocokan dengan kondisi saya).

Sekarang saya SEDANG melaksanakan pemikiran2 RK....
Insya Allah akan memberikan hasil yang sesuai dengan impian saya.

Jadi bagaimana saya meng-implementasikannya......????

Karena tulisan saya sudah kepanjangan.... saya akan sambung dikesempatan yang akan datang.

<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>

Salam,


From: Budi Rachmat [mailto:budi_rachmat@xxxxxx.com]
Sent: 01 September 2004 15:15
To: ............@yahoogroups.com
Subject: Pindah kuadran.... (lanjutan dari Robert T.Kiyosaki: pemikiran dan implementasinya)

Rekans,

<<<<<<<<<<>Robert T.Kiyosaki: pemikiran dan implementasinya >>>>>>>>>>>>

Bulan APRIL 2003 saya keluar dari kerjaan saya. Saya lepas status saya sebagai karyawan. Saya lepas Income saya dari kuadran E. Saya konsentrasi di kuadran S,B,I.

FYI, keluarga saya adalah "single income". Istri sudah tidak bekerja 3 tahun yll, setelah melahirkan anak yang II. Saya punya 3 anak prempuan (11 tahun, 4 tahun dan 2 tahun).

Bagaimana cara saya pindah kuadran?

Caranya agak panjang (ini adalah SUATU PROSES). Jadi saya akan mulai dengan hasilnya dulu, karena mulai dari sini mungkin lebih menarik....

Saya akan menggunakan angka, walaupun ini bukan angka yang sebenarnya tapi dapat "mewakili" (dalam jutaan rupiah).
Saya juga bukan "orang Financial/Keuangan (KEU)", jadi saya tidak mengikuti "kaedah Keuangan yang benar(?)". Saya hanya mengikuti tulisan RK di-buku2nya.

Laporan Keuangan saya berdasarkan "kaedah RK", sbb;

Income per bulan:

SEBELUM PINDAH kuadran -- SETELAH PINDAH kuadran (Maret 2003) (Juli 2004)
- kuadran E = 12 ........... 0 => gaji tidak ada lagi
- kuadran S = 0 ........... 11 => "bisnis join-operation" + trading
- kuadran B = 0 ........... 8 => 1 waralaba
- kuadran I = 11 ........... 6 => interest + hasil sewa properti
TOTAL = 23 >>>>>>>>>>> 25

Dengan Cashflow / Arus-Kas per bulan, sebesar;

- kuadran E = 12 ........... 0
- kuadran S = 0 ........... 25 => "bisnis join-operation" + trading
- kuadran B = 0 ...........350 => 1 waralaba
- kuadran I = 11 ........... 6 => interest + hasil sewa properti
TOTAL = 23 >>>>>>>>>>>381

Dengan Aset dan Liabiliti, sebesar;

- Aset = 1.600 .........1.870 : saya "pindahkan" sebagian dari Liabiliti menjadi Aset
- Liabiliti= 750 ...........480 :
TOTAL = 2.350 >>>>>>>>>2.350



Saya analisa "perjalanan" saya setahun lebih ini dari laporan KEU di atas, sbb;

1. Harta (Aset + Liabiliti), ternyata masih sama.
Memang masih sama karena duitnya hanya segitu2nya. TAPI ada beberapa hal yang saya kerjakan, antara lain;

a. Saya "pindahkan" Liabiliti menjadi Aset, yaitu:
- menjual rumah yang tidak saya tinggali, yang ternyata hanya menciptakan kewajiban. Uangnya dibelikan Ruko untuk dibuat waralaba lagi....hemm... ada rencana investasi lagi nich.....
b. Saya "utilize" sebagian dari Deposito menjadi Waralaba, yang memberikan yield (+ cashflow) yang jaaauuuuhhhh.... lebih baik (daripada hanya di deposito-in aja). Waralaba saya berbentuk PT, jadi saya sedang membangun track record.... untuk ngutang ke bank nantinya... karena dengan track record dan Cashflow bank baru bisa memberikan kredit.... (FYI waktu masih pegawai, untuk kredit (konsumtif) hanya diperlukan slip gaji).

2. Cashflow saya hampir 17x dari pada SEBELUM PINDAH.
a. Dengan cashflow tsb di atas + track record.... bank udah kasih "lampu hijau".... untuk rencana investasi waralaba II.
b. kebayang ngak ya... DULU.... saya hanya terima/In 1x dalam sebulan (12 + 11jt) selanjutnya out...out...out...out... sampe habis... (klo ngak ditabung).

SEKARANG.... setiap hari in...in...in...in... dan juga out...out...out... pastinya. Hebatnya total yang in ke "dompet"ku sebulannya bisa mencapai 381juta. Tapi anehnya, tabungan saya koq ngak nambah2.... karena "diputerin" terus sich....

3. Income.... not bad... lha... at least about SEBELUM PINDAH kuadran... perlu di ingat bahwa income di E adalah FIX atau pasti jumlah nominalnya.... sedangkan di S,B,I tidak selalu sama jumlah nominalnya...

Saya suka income dari S,B,I.... dengan pertimbangan, sbb;
Di S : saya banyak ketemu orang... sosialisasi... mall to mall (bukan jalan2 lho... ini lagi cari kesempatan).... banyak belajar dari orang2 hebat disekeliling kita... sebetulnya income dari E saya juga mau.... asal part-time aja... (part-time and fix sallary... he...he...he...he...).

Di B & I : pasangan yang serasi. Invest di I dalam bentuk properti (tanah/ruko/apartemen dsb), bikin B (awalnya S kali) dengan modal "nyekolahin" surat properti tsb.... dan B bayar sewa ke saya.... dst...dst...dst... saya juga terima margin/cashflow dari usaha tsb ===>>> proses ini adalah gabungan dari Leverage, "Own Your Own Corporation", "Real Estate Riches" ... dst...dst...dst....

JADI, bagaimana cara saya pindah kuadran....?????

Klo prosesnya saya rada bingung.... kagok... mo mulai dari mana ya....????
Karena ternyata setelah direnungkan sebenarnya saya mulai berpikir dan bertindak untuk pindah kuadran sudah cukup lama.... Ketika baca buku RK.... mak jless....... gini nich caranya..... jadi "mulus" dech jalannya..... Insya Allah.


Salam,

UNQUOTE

_____________________________

BUDI Rachmat
Jalan Kimia No.9, Menteng,
Jakarta 10320,
INDONESIA

No comments: